Sunday, November 29, 2009

Media Promosi Yang Hampir Di Tinggalkan Oleh Pemasang Iklan


Salah satu media promosi yang hampir ditinggalkan oleh pemasang iklan adalah horizontal banner(umbul-umbul) bahan kain begitu juga dengan vertical banner (spanduk) bahan kain. Mengapa ini terjadi? Ini terjadi dengan banyaknya bermunculan perusahaan yang menawarkan jasa pencetakan secara digital dengan mesin-mesin yang super canggih yang dikenal luas dengan namanya digital printing.

Spanduk/umbul-umbul yang diproses dengan cara screen printing pada saat ini mulai ditinggal oleh pemasangan iklan ini dikarenakan keterbatasan dan proses pengerjaan yang cukup lama dan tidak bisa mendapat hasil dengan visual yang full color seperti spanduk/umbul-umbul dengan proses digital printing.

Selain itu harga untuk proses digital printing saat ini sudah lebih murah dibandingkan proses screen printing sehingga pemasangan iklan lebih tertarik untuk membuat spanduk atau umbul-umbul dengan proses digital printing yang bisa mengikut visual yang diinginkan oleh pemasang iklan.

Gambar diatas merupakan contoh proses pembuatan spanduk/umbul-umbul dengan system screen printing atau masyarakat lebih kenal yang nama sablon spanduk/umbul-umbul.

Dampak dari menjamurnya digital printing banyak perusahaan atau perorangan yang bermain di sablon spanduk/umbul-umbul yang gulung tikar atau ada juga yang beralih ke digital printing.

Namun masih ada sebagian orang yang tetap mengunakan spanduk/umbul-umbul dengan bahan kain tapi dalam pengerjaannya sudah dilakukan dengan menggunakan mesin, tidak dengan sistem manual yang seperti pada gambar.

Ok ini hanya sekelumit tentang media promosi yang hampir ditinggalkan.

Kalau anda ingin membuat material-material promosi dan pemasang iklan online maupun offline dapat menghubungi Eko Trisna 0815 167 3384 atau kunjungi blog kami ; bursa iklan http://bursaiklan2010.blogspot.com Karya Bersama Advertising http://imagebersama.blogspot.com atau Cv Karya Bersama http://cvkaryabersama.blogspot.com

Monday, November 23, 2009

Product Sampling

Product Sampling adalah salah satu promosi yang dilakukan dengan membagi-bagikan produk/layanan secara gratis kepada target audience maupun target market untuk mersakan manfaat/benefit dari produk/layanan yang ditawarkan.

Product sampling dilakukan untuk mendukung program strategi pemasaran terpadu yang dimana telah melakukan promosi dimedia lain seperti dilihat ditelevisi, didengarkan di radio , dibaca dimedia cetak dan dirasakan langsung pada saat product sampling.

Tujuan utam dari product sampling yaitu memberi informasi tentang benefit produk/layanan sehingga diharapakan terciptanya brand switching dan brand loyalty dari produk/layanan yang diberikan secara cuma-cuma.

Product Sampling dilaksanakan ditempat antara lain :
  • Perkantoran
  • Sekolah-Sekolah
  • Pemukiman Penduduk
  • Mall dan Pasar
  • Juga kadang kala di persimpangan jalan
Sebelum pelaksanaan product sampling biasanya pihak event organizer terlabih dahulu berkoordinasi deng pihak terkait yang menyangkut izin dan waktu pelaksanaan. In bertujuan untuk menyusun acara seperti apa sehingga menarik target audience maupun target market berpartisipasi. Setiap EO memiliki kreatifitas masing-masing dalam melaksanakan product sampling ini.

Foto ditulisan ini adalah product sampling yang dilakukan disekolah dasar yang ada di DKI Jakarta produk yang di bagi adalah Susu Indomilk.


Monday, November 16, 2009

POP dan POS Materials


POP dan POS Materials adalah bagian strategi media periklanan below the line (BTL).

POP ( Point Of Purchase ) dan POS ( Point Of Sales ) Materials sering kita lihat dan kita dapat di toko/gerai, mall, persimpang jalan, bis, angkot atau tempat-tempat lainnya.

Begitu banyak POP dan POS materials sehingga anda harus jeli mana yang pas untuk mempromosikan produk/jasa anda dengan POP dan POS material yang sesuai bentuk , budget, waktu dan desain material.

POP dan POS material itu antara lain : diplay product, poster, brosur, leafleat, hanging mobile, flag chain, strimer & PPC, wobler, Self Taller, Shop Banner, Shop Sign, Calender, Company Profile, Product Catalog, Tire Cover, Sun Visor, Sticker, T shirt/polo shirt, Cups/topi, Gift Promotion dan lainnya.

Dimana anda bisa mendapat POP dan POS materials? anda bisa menghubungi workshop creative kami untuk mengorder POP dan POS material dengan contact person Eko Trisna : 0815 167 3384 klik "Karya Bersama Advertisng" atau "Cv Karya Bersama"

Sunday, November 15, 2009

Rambu-Rambu Petunjuk Ruang Maupun Jalan


Rambu-Rambu Petunjul Ruangan dan Jalan juga menjadi salah satu alternatif dalam melakukan promosi.

Saat ini sudah banyak yang menggunakan media ini untuk mempromosikan produk/jasa dari sebuah branding.

Rambu-rambu sangat efektif untuk melakukan promosi dikarenakan rambu-rambu petunjuk Ruang dan Jalan sering kali, digunakan orang untuk mendapat informasi ke arah mana mereka ingin menuju.

Yang harus diperhatikan jangan sampai bagian promosinya lebih menonjol, ini akan mengakibatkan tidak efektif karena yang anda cari dari rambu-rambu jalan maupun ruang adalah petunjuk arah, kemana meraka yang membaca akan menuju.

Yang penting media yang digunakan materi iklan anda jelas bisa dibaca tapi tidak dominan.

Hanya saja petunjuk arah lalu lintas oleh dinas perhubungan anda tidak dapat mengubah standard rambu-rambu jalan yang ada, kalaupun mau anda menambah bagian lain yang lebih kecil atau mendirikan rambu-rambu petunjuk sendiri.

Demikian sekilas tentang rambu-rambu dan petunjuk ruangan.

Perlu pembuatan rambu-rambu dan petunjuk ruang hubungi Eko Trisna : 0815 167 3384, klik "Karya Bersama Advertisng" atau "Cv Karya Bersama"

Huruf Timbul Spray Painting


Salah satu material promosi dalam ruang maupun luar ruang adalah huruf timbul atau lettering.

Huruf timbul biasanya terbuat dari tiga bahan yang sangat populer yaitu bahan galvanil, stainless dan kuning.

Ketiga bahan itu memiliki perbedaan yang menonjol yaitu dari segi warna. Untuk bahan stainless dan kuningan telah memiliki warna tersendiri sehingga untuk kedua bahan ini tidak perlu dilakukan pengecatan painting cukup dipoles untuk menimbulkan warna ciri khas keduanya, sedangkan galvanil diperlukan spray painting untuk memwarnainya.

Huruf timbul spray painting paling banyak digunakan karena dapat disesuai dengan branding dari perusahaan dan biayanya pun lebih murah dibandingkan dengan stainless atau kuningan.

Huruf timbul sering anda lihat, kalau anda berkunjung ke sebuah perusahaan pada saat anda bertanya pada resipsionis anda akan melihat huruf timbul tersebut sebagai background dari tempat resipsionis berada, sedang kan diluar ruang anda bisa lihat di berbagai tempat, seringkali huruf timbul digabung dengan material promosi lain seperti pada billboard, shop sign atau yang lainnya.

Huruf Timbul spray painting memang digemari karena biaya lebih murah juga memilik alternatif pewarnaan yang banyak dan dapat disesuaikan keinginan dari klien.

Kalau anda ingin mebuat huruf timbul ini hubungi saja Eko Trisna : 0815 167 3384, klik "Karya Bersama Advertising" atau "Cv Karya Bersama"

Saturday, November 14, 2009

Shop Sign Spray Painting



Shop sign adalah salah satu material promosi yang memberi petunjuk kepada konsumen bahwa ditempat itu ada sebuah toko/gerai/restauran. atau lebih gampang kita sebut saja material promosi petunjuk toko/gerai/restoran/kata lain.

Shop sign itu bisa sebuah mini billboard, neon box, neon sign, huruf timbul atau gabungan dari beberapa material promosi yang disebutkan tadi.

Shop sign seperti gambar ini adalah shop sign gabungan dengan system spray painting yaitu gabung antara panel yang disatukan dan huruf timbul yang ditempelkan pada panel.

Sampai saat ini masih banyak yang menggunakan shop sign kalau anda perhatikan sepanjang perjalanan anda pasti anda lihat keberadaannya. Semakin ketat persaingan usaha semakin marak shop sign digunakan.

Ini menyangkut brand dari shop sign yang akan mengakibat kehilangan konsumen dikarena tidak ditemukan lokasi produk/jasa yang dipasarkan.

Sehebat apapun strategi periklanan atau pemasaran dilakukan kalau konsumen tidak menemukan lokasi atau tempat diperoleh produk/jasa yang ditawarkan, maka produk/jasa itu akan kehilangan konsumen dan menyia-yiakan belanja iklan yang mereka lakukan.

Ingin membuat Shop sign dapat kami laksanakan full service mulai dari survey untuk menentukan letak, bentuk, ukuran dan desain visual sampai pengurusan, perizinan dan pembayaran pajak reklame dan retribusi-retribusi yang terkait.

Hubungi Eko Trisna : 0815 167 3384 atau klik "Karya Bersama sadvertising" atau "Cv Karya Bersama"

Billboard System Spray Painting


Billboard System Spray Painting sampai saat masih kita temukan walaupun teknologi digital printing sangat menjamur di Indonesia, tidak semua klien yang menginginkan penggunaan billboard mengunakan backlite maupun frontlite dari bahan flexyflace dengan system digital printing.

Ini dikarenakan ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing system yang jelas klien-klien yang menginginkan pemasangan dengan jangka panjang akan memilih system spray printing dari pada digital printing ini karena kualitas visual dari spray printing lebih baik dari pada digital printing.

Ada pula klien yang menginginkan gabungan dari kedua system ini. Oke ini hanya sekilas mengapa klien masih senanga dengan system spray printing.

Ingin Pasang Billboard hubungi Eko Trisna : 0815 167 3384 atau ingin pasang iklan online anda dapat mengunjungi blog kami klik "Karya Bersama Advertising" dan "Cv Karya Bersama"

Thursday, November 12, 2009

Perkenalan dan Permohonan Kerjasama

Nomor : 541/KB-ad./IX/2009 Jakarta, 11 Nopember 2009
Lampiran : -
Perihal : Perkenalan dan Permohonan Kerjasama

Kepada Yth. :
Marketing/Promotion/Barnd Manager
Di
Jakarta

Dengan Hormat,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karuniaNya, sehingga pada saat ini kta masih dapat bersilaturahim dan menjalankan aktifitas dengan baik.

Pada kesempatan yang baik ini, kami memperkenalkan perusahaan kami CV Karya Bersama yang dikenal dengan Karya Bersama Advertising merupakan workshop creative yang mampu bekerjasama dalam bidang periklanan terutama print ad., Mobile ad., indoor ad., outdoor ad., event organizer & exhibition, dan photography & video shooting dengan klien.

Besar harapan kami mendapatkan kepercayaan melakukan kerjasama dalam mengembangkan dan mempromosikan produk/jasa yang Bapak/Ibu miliki kepada target market dengan efektif dan efisien sehingga mendorong terjadi penjualan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Apabila ada informasi yang belum jelas silahkan hubungi kami di Hp : 0815 167 3384 atau e-mail : image_bersama@yahoo.com

Demikianlah surat surat perkenalan dan permohonan kerjasama ini kami sampaikan.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
CV Karya Bersama




Eko Trisna
Direktur Utama

TARIF PAJAK REKLAME DKI JAKARTA

TARIF PAJAK REKLAME DKI JAKARTA

1. UNTUK JENIS REKLAME PAPAN/ BILLBOARD/ VIDEOTRON / LARGE ELECTRONIC DISPLAY ( LED ) DAN SEJENISNYA :

JENIS REKLAME LOKASI PENEMPATAN UKURAN LUAS REKLAME ( M2 ) JANGKA WAKTU PEMASANGAN BESARAN NILAI SEWA ( RP )
PAPAN / BILLBOARD / VIDEOTRON / LED DAN SEJENISNYA PROTOKOL A 1 M2 1 HARI 15.000
PROTOKOL B 1 M2 1 HARI 10.000
PROTOKOL C 1 M2 1 HARI 8.000
EKONOMI KELAS I 1 M2 1 HARI 5.000
EKONOMI KELAS II 1 M2 1 HARI 3.000
EKONOMI KELAS III 1M 2 1 HARI 2.000
LINGKUNGAN 1 M2 1 HARI 1.000

2. UNTUK JENIS REKLAME KAIN BERUPA UMBUL-UMBUL, SPANDUK DAN SEJENISNYA :

JENIS REKLAME LOKASI PENEMPATAN UKURAN LUAS REKLAME ( M2 ) JANGKA WAKTU PEMASANGAN BESARAN NILAI SEWA ( RP )
REKLAME KAIN BERUPA UMBUL-UMBUL, SPANDUK DAN SEJENISNYA PROTOKOL A 1 M2 1 HARI 15.000
PROTOKOL B 1 M2 1 HARI 10.000
PROTOKOL C 1 M2 1 HARI 8.000
EKONOMI KELAS I 1 M2 1 HARI 5.000
EKONOMI KELAS II 1 M2 1 HARI 3.000
EKONOMI KELAS III 1M 2 1 HARI 2.000
LINGKUNGAN 1 M2 1 HARI 1.000

3. NILAI SEWA REKLAME UNTUK JENIS REKLAME SELAIN REKLAME BILLBOARD / PAPAN / MEGATRON / VIDEOTRON / LARGE ELECTRONIC DISPLAY DAN REKLAME KAIN DITETAPKAN SEBAGAI BERIKUT :

A. REKLAME MELEKAT : RP. 5,-/CM 2 SEKURANG-KURANGNYA RP. 500.000,- SETIAP
KALI PENYELENGGARAAN.

B. REKLAME SELEBARAN : RP. 500,-/LEMBAR, SEKURANG-KURANGNYA RP. 5.000.000,-
SETIAP KALI PENYELENGGARAAN.

C. REKLAME BERJALAN/KENDARAAN : RP. 5.000,-/ M2 / HARI

D. REKLAME UDARA : RP. 2.000.000,- SEKALI PERAGA, PALING LAMA SATU
BULAN

E. REKLAME SUARA : RP. 1.000,-/15 DETIK, BAGIAN-BAGIAN YANG KURANG
DARI 15 DETIK DIHITUNG MENJADI 15 DETIK.

F. REKLAME FILM / SLIDE : RP. 5.000,-/ 15 DETIK DENGAN SUARA, RP. 2.000,-/ 15 DETIK
TANPA SUARA. BAGIAN-BAGIAN YANG KURANG DARI 15
DETIK DIHITUNG MENJADI 15 DETIK.

Contoh Penawaran Harga Brosur

No. : 002/KB/08/2008
Lampiran : -
Perihal : Penawaran Harga

Kepada Yth. :
Bp. Basuki
Best Q
Di
Bekasi

Dengan Hormat,

Dengan Surat ini kami mengajukan penawaran harga pembuatan brosur dengan rincian sebagai berikut :

1. Produk : Brosur
Bahan : Art Paper 120 gr
Ukuran : A4 Bolak Balik
Design : Full Color sesuai yang di acc
Proses : Offset Printing
Jumlah : 2500 lembar (5 rim) minimal order
Harga : Rp. 1.250,-/lembar x 2500 lembar = Rp. 3.125.000,-
( Tiga juta seratus dua puluh lima ribu rupiah )

Note :
1. Pembayaran DP 50 % harga dan design di setujui, Sisa 50 % pada saat barang diantar.
2. Harga belum termasuk PPN
3. Lama Pekerjaan + 5 Hari Kerja

Demikianlah Penawaran harga ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya terima kasih

Jakarta, 5 Agustus 2008
Hormat Kami,
CV Karya Bersama




Eko Trisna

Strategi Periklanan

Arti Iklan

Arti Iklan dikatagorikan menjadi 3 yaitu :

1. Arti Umum
Iklan adalah alat penghubung untuk menyampaikan suatu informasi dari pemasang iklan kepada sasaran baik perseorang maupun kelompok tertentu.
Pengertian kata “ penghubung “ diatas, mengisyaratkan suatu alat untuk memberitahukan atas sesuatu kepada seseorang atau kelompok sehingga orang atau kelompok yang dituju menjadi sadar dan tahu sesuatu informasi tersebut.

2. Arti Konsumen atau Komersil
(Fast Moving Consumer Goods, Durable Goods, Consumer Services)
Khusus dibidang komersil, ungkapan makna iklan lebih spesifik lagi yaitu :
“ Bagaimana cara menjajakan suatu produk atau jasa yang ditawarkan, untuk mempengaruhi orang yang diproyeksikan sebagai calon pembeli atau calon pengguna hingga mencapai hasil tujuan pokok pemasaran yaitu terjadinya Penjualan.

Maka iklan dapat disimpulkan sebagai salah satu pirnati atau alat untuk menjual, berlatar belakang Strategi Marketing / Promotion Mix.

3. Iklan PR ( Public Relation)
Lebih mengutamakan Image dari lembaga atau perusahaan.

Dari ketiganya ini mengunakan bahasa yang sama yaitu audio, visual dan audio visual yang menjadi alat komunikasi.

Iklan berasal dari bahasa latin “ Advertere “ yang berarti “ Mentranfer Pikiran “.

Iklan sebagai komunikasi
A. Ditujukan bagi perorang ( Individu )--------> Pendekatan secara pribadi ( Strategi )
B. Komunikasi Massa-------->Teori JARGON ---------> Long Term
1. Source ( Pemasang Iklan / Advertiser )
 Individu
 Organisasi ( Independent / Non Lembaga Pemerintah )
 Lembaga Pemerintah
 Perusahaan ( BUMN-Swasta )
Disebut juga Investor
2. Agency ( Encoder )
Menterjemahkan kebutuhan clients melalui suatu system melalui code-code atau sinyal-sinyal yang tepat dan benar. Agency dibantu oleh vendor-vendor.
3. Kode & Sinyal = Pesan ( Message = Iklan / Advertisement )
Catatan : Dapat disebut iklan bila melalui proses untuk diproduksi lebih dulu agar dapat diterbitkan/ditayangkan melalui media (shooting, pemotretan, separasi warna dll.)
4. Noise
Fungsi Advertising Agency harus memenangkan “ kompetisi “
5. Receiver (Decoder)
Iklan yang bagus
6. Iklan yang berhasil bila ada respon/feedback dari Viewer ke/kembali ke advertiser dengan melakukan “ Action “ mencoba membeli sehingga terjadi transaksi keuangan (Penjualan)

Penggunaan Elemen-Elemen dalam rumus :

AIDCA :
Attention (perhatian)
Interest (minat)
Desire (keinginan)
Conviction (rasa percaya)
Action (tindakan)

Komunikasi efektif/proses buying
Jawaban bagaimana Advertising Agency merumuskan pesan sehingga dapat memenangkan pertarungan “ pesan “ ( Noise ?)

AIDCA
1. Attention ( Perhatian )
• Selintas : ukuran, warna, lay out
• Mendalam : Headlines, Subheadlines, Body Copy, Gambar (Illustrasi, Fotografi, lambang/symbol); Elemen Desain
2. Interest ( Minat )
• Mau/mampu mengikuti alur informasi dari awal hingga akhir
• Berminat terhadap produk/jasa yang ditawarkan
3. Desire ( Keinginan )
4. Mendapatkan nilai yang diharapkan dari produk/jasa yang ditawarkan karena Conviction ( Rasa Percaya )
5. Action ( Tindakan Membeli )


DAGMAR ( Defining Advertising Goals For Measured Advertising Result )

1. Unaware ( Ketidaksadaran )
2. Aware ( Kesadaran )
3. Comprehension & Image ( Pemahaman & Citra )
4. Attitude ( Sikap )
5. Action ( Tindakan )

Creative Strategy

Focuss On The Message It Self
“ What You Will Say And How You Will Say It “

Advertising Strategy

Is Broader Than Creative Strategy
( Also Called Message Strategy )

Copy Platform disebut juga Blue Print atau Work Plan suatu dokumen dalam bentuk tulisan yang dipakai oleh Advertising Agency “ sebagai alat presentasi awal “ kepada klien (Lembaran/Bagian dari Proposal)
• Merupakan bahan masukan, bahan diskusi, bahkan sebagai bahan perdebatan untuk mencapai satu kesepakatan dalam satu tujuan yang berfokus kepada strategi kreatif sehingga menghasilkan “ Desain Iklan “
• Sangat berpengaruh terhadap klien dalam menilai ……!( Gol Tidaknya suatu proyek )

Form Pendaftaran Anggota

Pendaftaran Anggota

Yang bertanda tangan dibawah ini, menyatakan bersedia menjadi anggota SPG / Model Iklan

1. Nama : …………………………………………………………

2. Jenis Kelamin : …………………………………………………………

3. Tempat/Tanggal Lahir : …………………………………………………………

4. Agama : …………………………………………………………

5. Pekerjaan : …………………………………………………………

6. Alamat : …………………………………………………………
RT………../RW………/ Telp/HP. : …………………..

7. Kelurahan : …………………………………………………………

8. Kecamatan : …………………………………………………………

9. Kodya/Kabupaten : …………………………………………………………

10. Provinsi : …………………………………………………………

11. Status Perkawinan : Menikah / Belum Menikah
12. Bagi yang Menikah, sebutkan keluarga yang telah dewasa :
a. Istri / Suami Nama : …………………………………………………………
Umur : …………………………………………………………
b. Anak-anak Nama : …………………………………………………………
Umur : …………………………………………………………

13. Apa yang anda harapkan dari bergabung menjadi SPG/Model Iklan ?
…………………………………………………………………………………………..
14. Berapa % dari penghasilan yang akan diberikan ke Agensi/management ?
…………………………………………………………………………………………..
15. Bersediakah mengikuti aturan yang diberlaku oleh agensi/management ?
…………………………………………………………………………………………..

Jakarta, ……………………….





(………………………………..)

Advertising Brief

Advertising Brief

Catatan : Untuk mengenal produk lebih detail serta sebagai dasar pertimbangan di dalam menentukan rencana promosi dan pengolahan data harap diisi daftar pertanyaan di bawah ini.

1. Company Purpose
Apa yang menjadi tujuan dari perusahaan ini, khususnya dalam kaitan dengan produk yang diiklankan ?

2. Company Background
Bagaimana latar belakang perusahaan ini, khususnya yang berkaitan dengan produk yang bersangkutan ?

3. Product Concept
Apa yang mendasari diciptakannya produk yang bersangkutan, baik jenis, bentuk, merek, packaging, harga dan sebagainya ?

4. Product Specification
Apa yang menjadi kekhususan dari produk tersebut ?

5. Target Market & Target Audience
Siapa yang diharapkan sebagai pemakai produk tersebut seperti jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, penghasilan dan sebagainya ? ( Target Markets )

Dan siapa yang biasanya mempengaruhi calon pembeli tersebut ? ( Target Audience )

6. Channels Of Distribution
Bagaimana cara mendistribusikan produk tersebut ? ( Langsung atau melalui distributor dan sejenisnya )

Daerah mana saja yang menjadi sasaran distribusi ? ( Wilayah dan volume/prosentase penyebaran )

Dan berapa jumlah produk yang diharapkan terjual di masing-masing wilayah?

7. Competitions
Produk apa saja yang menjadi saingan produk tersebut ?

8. Marketing/Communications Activities
Bagaimana struktur organisasi pemasaran dalam perusahaan ini, siapa personalnya, jabatannya, tugas-tugasnya dan sebagainya ?

9. Marketing Objectives
Apa yang menjadi tujuan pemasaran produk tersebut ?

10. Marketing Challenges Or Problems
Apa yang menjadi tantangan maupun penghambat/permasalahan dalam pemasaran produk tersebut ?

11. Budgetary Limits
Berapa dana promosi yang dipersiapkan untuk mencapai tujuan pemasaran produk tersebut ?

12. Research Objectives
Sehubungan dengan program pemasaran, tujuan apa yang diharapkan dalam riset periklanan yang dilakukan ?

13. Keterangan-keterangan tambahan lainnya yang mungkin diperlukan/bias dipergunakan :

Jakarta, ………………
Diisi oleh,


Perusahaan, nama, jabatan dan tanda tangan

BUKU PANDUAN PROGRAM 1 TAHUN

BUKU PANDUAN
PROGRAM 1 TAHUN

PERIKLANAN
BRILLIANT
ANGKATAN I, II, III & IV

JL. CONDET RAYA NO. 9 JAKARTA TIMUR
TELPON : (021) 808 77 276

KATA PENGANTAR

Sebuah program baru diselenggarakan oleh Brilliant, yaitu program diploma 1 tahun periklanan.

Ada beberapa alasan mengapa program ini diselenggarakan oleh Brilliant ?
Pertama, periklanan berkembang sangat pesat di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan perekonomian dan era globalisasi yang memberikan efek tingkat persaingan yang sangat tinggi sehingga perusahaan berusaha untuk memenangkan melalui kegiatan periklanan yang efektif bahkan agresif.
Hal ini kemudian berakibat munculnya kebutuhan tenaga praktisi di bidang periklanan yang tidak dapat ditawar lagi. Jika kita sempat melihat iklan lowongan kerja di berbagai media, maka tampak kebutuhan tenaga ini menunjukkan indikasi meningkat.

Kedua, melalui program 1 tahun periklanan yang menjadi unggulan Brilliant, diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap menjadi tenaga praktisi di bidang periklanan. Oleh karena itu staff pengajar dipilih yang betul-betul para praktisi, yang disamping memiliki pengetahuan dan wawasan dibidangnya, juga dapat berbagi pengalaman, yang semua ini merupakan kunci pokok di dalam praktek dunia kerja.

Selama belajar dan semoga sukses………………


Jakarta, 15 Nopember 2006





Eko Trisna


KETENTUAN PENDIDIKAN
DIPLOMA IN ADVERTISING STUDIES

A. DAFTAR HADIR

1. Kepada siswa akan diberikan Kartu Daftar Hadir (KDH) untuk setiap Mata Ajaran yang harus ditanda tangani pengajar setiap mengikuti pelajaran.
2. Kartu Daftar Hadir diberikan setiap awal triwulan
3. Setiap akhir triwulan & akhir semester, KDH diserahkan ke sekretariat.

B. JADWAL BELAJAR

1. Jadwal belajar dikeluarkan setiap awal triwulan.
2. Apabila pengajar yang bersangkutan berhalangan hadir, maka dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut :
a. Susunan (urutan) jadwal belajar bisa mengalami pertukaran (switching).
b. Sesi yang kosong akan diganti diluar hari kuliah yang telah ditentukan.
c. Pengajar yang bersangkutan diganti dengan pengajar lain dengan mata kuliah yang sama.
d. Pengajar yang bersangkutan diminta memadatkan sesi pelajaran tanpa mengurangi jumlah pertemuan dan pokok bahasan yang telah ditentukan.

C. UJIAN-UJIAN

1. Ujian Triwulan

a. Diselenggarakan setiap akhir Triwulan
b. Diadakan secara tertulis, kecuali untuk :
- Mata ajaran Computer, dilakukan secara praktek

2. Ujian Susulan

a. Dimungkinkan bagi siswa yang mempunyai alasan kuat, berhalangan mengikuti ujian.
Alasan-alasan tersebut antara lain :
- Sakit atau musibah
- Tugas Kantor
b. Siswa yang bersangkutan harus mengajukan surat permohonan dengan melampirkan bukti tertulis untuk mendapatkan persetujuan minimal dari Kepala Pendidikan.
c. Waktu Ujian ditentukan oleh Kepala Pendidikan, dan jangka waktu paling lambat 1 bulan dari jadwal ujian yang dijadwalkan semula.

3. Ujian Ulang / Perbaikan

a. Siswa yang memperoleh nilai D diberikan kesempatan memperbaiki nilainya dengan mengikuti Ujian Ulang atau dengan pertimbangan khusus dengan cara menyelesaikan tugas.
b. Nilai Ujian Ulang / Perbaikan maksimal C
c. Ujian Ulang / Perbaikan dilaksanakan pada triwulan/semester yang sama diangkatan berikutnya dimana mata ajaran tersebut sedang diberikan. Untuk kasus-kasus tertentu ujian tersebut ditentukan oleh Kepala Pendidikan.
d. Ujian Ulang / Perbaikan dapat dilakukan selama masa studi berlaku.
e. Khusus untuk mata ajaran “ Workshop “ ujian ulang / perbaikan dapat dilakukan dalam bentuk penyelesaian / perbaikan tugas dari pengajar.
f. Untuk mengikuti ujian ulang siswa harus mendaftarkan diri ke sekretariat dan menyelesaikan biaya administrasi.

4. Syarat Mengikuti Ujian

a. Untuk setiap mata ajaran minimal kehadiran 70 % / mata ajaran
b. Menyelesaikan persyaratan administrasi & keuangan.

D. NILAI AKHIR MATA AJARAN

1. Komponen penilaian.

a. Nilai Akhir Mata Ajaran diserahkan sepenuhnya kepada pengajar bersangkutan yang didasarkan pada komponen-komponen :
- Kehadiran siswa
- Latihan-latihan / tugas
- Hasil Ujian
- Studi Kasus
- Dan lain-lain yang dianggap relevan.
b. Untuk mata ajaran yang ujiannya dilakukan secara lisan atau role play penilaian berdasarkan pada penampilan ( performance ) dan teknik penyampaian disamping kehadiran dan aktifitas siswa.

2. Penentuan Nilai

Nilai sepenuhnya ditentukan oleh pengajar berdasarkan ketentuan dibawah ini :
A : untuk nilai 86 – 100
B : untuk nilai 70 – 85
C : untuk nilai 56 – 69
D : untuk nilai < 56 E : untuk yang tidak mengikuti ujian F : dinyatakan gagal dan harus mengulang belajar. I : nilai yang belum masuk / yang belum diberikan oleh pengajar E. MENGULANG MATA AJARAN 1. Mata ajaran yang memperoleh nilai F harus diulang kembali. 2. Mengulang Mata Ajaran dilakukan pada triwulan yang sama di angkatan selanjutnya dimana mata ajaran tersebut berada dan telah menyelesaikan biaya administrasi. 3. Jumlah mata ajaran yang bisa diulang maksimal 3 mata ajaran di periode yang sama. 4. Untuk mengulang Mata Ajaran siswa dibatasi oleh masa studi. 5. Mengulang mata ajaran dimohonkan secara tertulis kepada Kepala Pendidikan / Direktur Program Studi / Kepala Cabang. F. CUTI STUDI 1. Ketentuan Umum : a. Dengan alasan yang kuat, seorang siswa dapat meminta / melakukan cuti studi. b. Cuti Studi dimohonkan secara tertulis kepada Kepala Pendidikan / Direktur Program Studi / Kepala Cabang. c. Mengingat batas penyelesaian studi program diploma 1 tahun adalah paling lama 2 ( dua ) tahun, maka siswa yang melakukan cuti studi harus memperhitungkan waktu untuk aktif kembali. d. Waktu cuti studi yang tepat adalah saat pergantian Triwulan. 2. Syarat Cuti a. Membayar biaya cuti studi. b. Mengajukan permohonan sebelum cuti studi dilaksanakan. c. Cuti pada saat triwulan berjalan ( sudah membayar uang triwulan yang bersangkutan ) uang triwulan yang sudah dibayar dianggap hilang / hangus. d. Cuti pada saat pergantian triwulan, siswa hanya dikenakan biaya cuti. e. Pada saat aktif kembali yang bersangkutan harus membayar Uang Triwulan yang sama diangkatan berikutnya sesuai ketentuan yang berlaku. G. TUGAS AKHIR 1. Tugas akhir merupakan salah satu persyaratan dari keberhasilan studi program diploma 1 tahun. 2. Bentuk Tugas Akhir Membuat proposal ( Karya Tulis ) yang dilengkapi dengan pembuatan karya nyata desain iklan yang dilakukan melalui kegiatan : - Job Training : Magang diperusahaan selama 3-4 minggu - Observasi : Studi pengamatan dan pengumpulan fakta diperusahaan - Paper/Makalah : Studi literature atas suatu aspek dari program studi yang diikuti - Propsal Kegiatan : Analisa & usulan kegiatan dari aspek program studi yang diikuti H. BIMBINGAN Bimbingan penyelesaian tugas akhir dilaksanakan dengan cara : 1. Bimbingan diadakan secara kelompok. 2. Masing-masing kelompok akan dibimbing oleh pembimbing Tugas Akhir. 3. Pelaksanaan Bimbingan akan ditentukan sesuai jadwal pendidikan. 4. Syarat mengikuti Tugas Akhir, paper harus disahkan dulu ( dengan menandatangani paper ) oleh pembimbing yang bersangkutan. I. PRESENTASI TUGAS AKHIR 1. Tugas Akhir harus dipresentasikan dihadapan Tim Penguji dengan ketentuan : a. Telah mengikuti semua mata ajaran & ujiannya ( tidak ada nilai E/F ) b. Paper telah mendapat pengesahan ( dengan menandatangani paper ) oleh pembimbing yang bersangkutan. c. Telah terdaftar sebagai peserta Presentasi Tugas Akhir. d. Waktu pelaksanaan presentasi tugas akhir ditentukan oleh Kepala Pendidikan. e. Nilai Presentasi Tugas Akhir, didasarkan pada komponen-komponen : - Penguasaan Materi. - Sistematika Penulisan - Teknik Presentasi ( Tools, Penampilan, Etika, dll ) - Konsep ide dasar yang ada Hasilnya dinyatakan dalam huruf & keterangan : A : Lulus B : Lulus dengan kemungkinan ada perbaikan C : Lulus D : Mengulang presentasi E : bagi siswa yang tidak mengikuti Presentasi Tugas Akhir F : ( Failed ) tidak lulus Mengulang presentasi ( bagi nilai D ) dapat dilakukan dengan bergabung pada jadwal presentasi di angkatan berikutnya. Atau jika dipandang perlu dijadwalkan tersendiri. 2. Presentasi Susulan - Karena alasan yang cukup kuat ( sakit, musibah, tugas luar kantor ) siswa dimungkinkan mengikuti Presentasi Tugas Akhir Susulan. - Untuk mengikuti presentasi Tugas Akhir Susulan, harus mengajukan permohonan tertulis yang ditujukan kepada Direktur / Kepala Cabang. - Presentasi Tugas Akhir susulan dimungkinkan untuk jangka waktu paling lambat : 2 minggu dari presentasi yang dijadwalkan semula. - Dimungkinkan mengikuti presentasi khusus sebelum jadwal ditentukan, dengan syarat telah memenuhi ketentuan pendidikan yang berlaku dan telah disetujui oleh Direktur / Kepala Cabang. J. MASA STUDI 1. Untuk menyelesaikan studi siswa diberikan waktu maksimal 2 ( dua ) tahun. 2. Jika tidak berhasil dinyatakan DO ( Drop Out ) dan tidak dapat diberikan pelayanan akademik lagi. K. DROP OUT Siswa dinyatakan mengundur diri ( DO ) apabila : 1. Tidak hadir tanpa pemberitahuan selama 3 bulan berturut-turut. 2. Melewati masa studi yang ditentukan ( 2 tahun ) 3. Melakukan tindakan yang melanggar hukum. L. SYARAT KEBERHASILAN STUDI 1. Mengikuti seluruh mata ajaran yang diberikan. 2. Menyelesaikan Tugas Akhir dan Presentasi. 3. Jumlah nilai D tidak lebih dari 3 ( tiga ) 4. Nilai Presentasi Akhir minimal : C 5. Indeks Prestasi minimal : 2.00 M. RUMUS Indeks Prestasi ( IP ) siswa ditentukan dengan rumus : ( { Bnma X 2 ) + ( Bnta X 6 ) ( { ma X 2 ) + 6 ( { Bnma X 2 ) : Jumlah Bobot Nilai Mata Pelajaran X 2 ( Bnta X 6 ) : Bobot Nilai Tugas Akhir X 6 ( { ma X 2 ) + 6 : ( Jumlah Mata Pelajaran X 2 ) + 6 N. KELULUSAN & DIPLOMA 1. Siswa yang memenuhi syarat keberhasilan studi dinyatakan lulus dan diberikan Diploma yang dikeluarkan Brilliant. 2. Yang tidak memenuhi syarat, diberikan Surat Keterangan. 3. Dalam Diploma disertakan : - Transkrip seluruh mata ajaran. - Judul Tugas Akhir. - Predikat kelulusan yang dinyatakan : Sangat memuaskan untuk IP >= 3,51
Memuaskan untuk IP 3,00 - 3,50
Baik untuk IP 2,51 - 2,99
Cukup untuk IP 2,00 - 2,50
4. Bagi siswa yang dinyatakan lulus berhak untuk mengikuti Wisuda

BIAYA – BIAYA

1. Ujian Utama Rp. 15.000,00
2. Ujian Perbaikan / Her Rp. 15.000,00
3. Mengulang mata ajaran Rp. 50.000,00
4. Cuti studi Rp. 150.000,00
5. Presentasi Tugas Akhir Rp. 100.000,00
6. Mengulang Presentasi Rp. 100.000,00
7. Biaya Sertifikat Rp. 125.000,00


KETENTUAN DAN TATA TERTIB

Demi kelancaran dan ketertiban pelaksanaan Program Pendidikan 1 tahun Diploma in Advertising Studies, dipandang perlu menyampaikan beberapa ketentuan & tata tertib, yaitu :

• Kehadiran

1. Hadir tepat pada waktunya
2. Setiap siswa memperoleh Kartu Daftar Hadir ( KDH ) yang harus ditanda tangani oleh dosen pada setiap kali pertemuan.
3. Siswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit, tidak diperkenankan mengikuti perkuliahan.

• Berpakaian

1. Berpakaian rapi, tidak diperkenankan memakai celana jeans yang sobek-sobek dan kaos yang tidak berlengan.
2. Tidak diperkenankan memakai sandal & sejenisnya

• Kebersihan

Dilarang makan, minum dan merokok di dalam kelas disaat belajar ataupun istirahat

• Ketenangan

1. Menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan Brilliant
2. Semua jenis pager & handphone, tidak boleh diaktifkan selama pelajaran berlangsung.

• Permasalahan

Jika ada hal-hal yang ingin disampaikan atau ada keluhan agar disampaikan ke secretariat ( Bagian Pendidikan ) melalui ketua kelas.


KURIKULUM
PROGRAM 1 TAHUN PERIKLANAN

TRIWULAN 1
NO MATERI SESI
1 PENGANTAR PERIKLANAN 8
2 KOMUNIKASI EFEKTIF 6
3 PERILAKU KONSUMEN 5
4 PRINSIP DASAR PEMASARAN 5
5 MEDIA PERIKLANAN 8
32
TRIWULAN 2
NO MATERI SESI
1 RISET PEMASARAN 5
2 PERENCANAAN MEDIA 6
3 STRATEGI KREATIF 5
4 COPY WRITING 5
5 KOMUNIKASI PEMASARAN 6
6 STRATEGI PERIKLANAN 5
32

TRIWULAN 3
NO MATERI SESI
1 KONSEP KREATIF 7
2 FOTOGRAFI IKLAN 5
3 AUDIO VISUAL PRODUCTION 6
4 COMPUGRAPHIC 16
34

TRIWULAN 4
NO MATERI SESI
1 MANAJEMEN PERIKLANAN 8
2 TEKNIK NEGOISASI & PRESENTASI 6
3 KOMPUTER ANIMASI 3 DIMENSI 5
4 BIMBINGAN TUGAS AKHIR 5
24

Basic Oraganization Chart ( Of An Advertising)

Basic Oraganization Chart ( Of An Advertising)

Organisasi dari suatu agen periklanan contohnya perusahaan terbatas.

Bagan organisasi dasar dari sebuah agen periklanan.

BOC = Board Of Commisireas ( Share Holders )
Para pemagangn saham , tapi belum tentu memenej
BOD = Board Of Director ( CEOS )
Dewan direksi ( Pengelola ) tidak jalan kalu tidak ada bantu.
Secretariat = Filling System ( sistem penyimpanan )
Public Relation = hubungan dengan masyarakat

Account Management berfungsi Marketing
- Mencai iklan
- Memelihara hubungan bisnis anatara klien dengan agen
- Mmenciptakankan Bbisnis baru baik dengan klien bau maupun lama
Personal yang ada di Account Management :
- Account Director = Koordinator, Dicesion Maker
- Acccount Manager = membantu kebijakan yang ditentukan oleh Account Director.
- Account Supervisor dan Account Executive yang melaksanakan kebijakan/ kegiatan sehari-harinya ( Pelaksana )

Art and Create Management : Menterjemahkan konsep-konsep marketing communication dari prodik yang akan diiklankan baik ATL maupun BTL
Ke dalam Audio, Visual, Audio Visual
Personal yang ada di Art and Creative Management :
- Creative Director = mengkoordinir sekaligus membuat dan memberikan suatu keputusan didepartemen tersebut sekaligus menciptakan konsep-konsep iklan yang akan dibuat.
- Art Director = menterjemahkan konsepdasar
- Visualizer = operator didepan komputer (komputer grafis design) menterjemahkan lebih komprensif
- Copy writer = bertugas membuat copy / tulis naskah iklan
- Traffic Production Administration = mengatur volume dan frekuensi pekerjaan sesuai dengan prioritasnya

Production :
Internal = pengadaan materi-materi iklan di media ATL
External = pengadaan materi-materi iklan di media BTL