Thursday, November 12, 2009

BUKU PANDUAN PROGRAM 1 TAHUN

BUKU PANDUAN
PROGRAM 1 TAHUN

PERIKLANAN
BRILLIANT
ANGKATAN I, II, III & IV

JL. CONDET RAYA NO. 9 JAKARTA TIMUR
TELPON : (021) 808 77 276

KATA PENGANTAR

Sebuah program baru diselenggarakan oleh Brilliant, yaitu program diploma 1 tahun periklanan.

Ada beberapa alasan mengapa program ini diselenggarakan oleh Brilliant ?
Pertama, periklanan berkembang sangat pesat di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan perekonomian dan era globalisasi yang memberikan efek tingkat persaingan yang sangat tinggi sehingga perusahaan berusaha untuk memenangkan melalui kegiatan periklanan yang efektif bahkan agresif.
Hal ini kemudian berakibat munculnya kebutuhan tenaga praktisi di bidang periklanan yang tidak dapat ditawar lagi. Jika kita sempat melihat iklan lowongan kerja di berbagai media, maka tampak kebutuhan tenaga ini menunjukkan indikasi meningkat.

Kedua, melalui program 1 tahun periklanan yang menjadi unggulan Brilliant, diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap menjadi tenaga praktisi di bidang periklanan. Oleh karena itu staff pengajar dipilih yang betul-betul para praktisi, yang disamping memiliki pengetahuan dan wawasan dibidangnya, juga dapat berbagi pengalaman, yang semua ini merupakan kunci pokok di dalam praktek dunia kerja.

Selama belajar dan semoga sukses………………


Jakarta, 15 Nopember 2006





Eko Trisna


KETENTUAN PENDIDIKAN
DIPLOMA IN ADVERTISING STUDIES

A. DAFTAR HADIR

1. Kepada siswa akan diberikan Kartu Daftar Hadir (KDH) untuk setiap Mata Ajaran yang harus ditanda tangani pengajar setiap mengikuti pelajaran.
2. Kartu Daftar Hadir diberikan setiap awal triwulan
3. Setiap akhir triwulan & akhir semester, KDH diserahkan ke sekretariat.

B. JADWAL BELAJAR

1. Jadwal belajar dikeluarkan setiap awal triwulan.
2. Apabila pengajar yang bersangkutan berhalangan hadir, maka dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut :
a. Susunan (urutan) jadwal belajar bisa mengalami pertukaran (switching).
b. Sesi yang kosong akan diganti diluar hari kuliah yang telah ditentukan.
c. Pengajar yang bersangkutan diganti dengan pengajar lain dengan mata kuliah yang sama.
d. Pengajar yang bersangkutan diminta memadatkan sesi pelajaran tanpa mengurangi jumlah pertemuan dan pokok bahasan yang telah ditentukan.

C. UJIAN-UJIAN

1. Ujian Triwulan

a. Diselenggarakan setiap akhir Triwulan
b. Diadakan secara tertulis, kecuali untuk :
- Mata ajaran Computer, dilakukan secara praktek

2. Ujian Susulan

a. Dimungkinkan bagi siswa yang mempunyai alasan kuat, berhalangan mengikuti ujian.
Alasan-alasan tersebut antara lain :
- Sakit atau musibah
- Tugas Kantor
b. Siswa yang bersangkutan harus mengajukan surat permohonan dengan melampirkan bukti tertulis untuk mendapatkan persetujuan minimal dari Kepala Pendidikan.
c. Waktu Ujian ditentukan oleh Kepala Pendidikan, dan jangka waktu paling lambat 1 bulan dari jadwal ujian yang dijadwalkan semula.

3. Ujian Ulang / Perbaikan

a. Siswa yang memperoleh nilai D diberikan kesempatan memperbaiki nilainya dengan mengikuti Ujian Ulang atau dengan pertimbangan khusus dengan cara menyelesaikan tugas.
b. Nilai Ujian Ulang / Perbaikan maksimal C
c. Ujian Ulang / Perbaikan dilaksanakan pada triwulan/semester yang sama diangkatan berikutnya dimana mata ajaran tersebut sedang diberikan. Untuk kasus-kasus tertentu ujian tersebut ditentukan oleh Kepala Pendidikan.
d. Ujian Ulang / Perbaikan dapat dilakukan selama masa studi berlaku.
e. Khusus untuk mata ajaran “ Workshop “ ujian ulang / perbaikan dapat dilakukan dalam bentuk penyelesaian / perbaikan tugas dari pengajar.
f. Untuk mengikuti ujian ulang siswa harus mendaftarkan diri ke sekretariat dan menyelesaikan biaya administrasi.

4. Syarat Mengikuti Ujian

a. Untuk setiap mata ajaran minimal kehadiran 70 % / mata ajaran
b. Menyelesaikan persyaratan administrasi & keuangan.

D. NILAI AKHIR MATA AJARAN

1. Komponen penilaian.

a. Nilai Akhir Mata Ajaran diserahkan sepenuhnya kepada pengajar bersangkutan yang didasarkan pada komponen-komponen :
- Kehadiran siswa
- Latihan-latihan / tugas
- Hasil Ujian
- Studi Kasus
- Dan lain-lain yang dianggap relevan.
b. Untuk mata ajaran yang ujiannya dilakukan secara lisan atau role play penilaian berdasarkan pada penampilan ( performance ) dan teknik penyampaian disamping kehadiran dan aktifitas siswa.

2. Penentuan Nilai

Nilai sepenuhnya ditentukan oleh pengajar berdasarkan ketentuan dibawah ini :
A : untuk nilai 86 – 100
B : untuk nilai 70 – 85
C : untuk nilai 56 – 69
D : untuk nilai < 56 E : untuk yang tidak mengikuti ujian F : dinyatakan gagal dan harus mengulang belajar. I : nilai yang belum masuk / yang belum diberikan oleh pengajar E. MENGULANG MATA AJARAN 1. Mata ajaran yang memperoleh nilai F harus diulang kembali. 2. Mengulang Mata Ajaran dilakukan pada triwulan yang sama di angkatan selanjutnya dimana mata ajaran tersebut berada dan telah menyelesaikan biaya administrasi. 3. Jumlah mata ajaran yang bisa diulang maksimal 3 mata ajaran di periode yang sama. 4. Untuk mengulang Mata Ajaran siswa dibatasi oleh masa studi. 5. Mengulang mata ajaran dimohonkan secara tertulis kepada Kepala Pendidikan / Direktur Program Studi / Kepala Cabang. F. CUTI STUDI 1. Ketentuan Umum : a. Dengan alasan yang kuat, seorang siswa dapat meminta / melakukan cuti studi. b. Cuti Studi dimohonkan secara tertulis kepada Kepala Pendidikan / Direktur Program Studi / Kepala Cabang. c. Mengingat batas penyelesaian studi program diploma 1 tahun adalah paling lama 2 ( dua ) tahun, maka siswa yang melakukan cuti studi harus memperhitungkan waktu untuk aktif kembali. d. Waktu cuti studi yang tepat adalah saat pergantian Triwulan. 2. Syarat Cuti a. Membayar biaya cuti studi. b. Mengajukan permohonan sebelum cuti studi dilaksanakan. c. Cuti pada saat triwulan berjalan ( sudah membayar uang triwulan yang bersangkutan ) uang triwulan yang sudah dibayar dianggap hilang / hangus. d. Cuti pada saat pergantian triwulan, siswa hanya dikenakan biaya cuti. e. Pada saat aktif kembali yang bersangkutan harus membayar Uang Triwulan yang sama diangkatan berikutnya sesuai ketentuan yang berlaku. G. TUGAS AKHIR 1. Tugas akhir merupakan salah satu persyaratan dari keberhasilan studi program diploma 1 tahun. 2. Bentuk Tugas Akhir Membuat proposal ( Karya Tulis ) yang dilengkapi dengan pembuatan karya nyata desain iklan yang dilakukan melalui kegiatan : - Job Training : Magang diperusahaan selama 3-4 minggu - Observasi : Studi pengamatan dan pengumpulan fakta diperusahaan - Paper/Makalah : Studi literature atas suatu aspek dari program studi yang diikuti - Propsal Kegiatan : Analisa & usulan kegiatan dari aspek program studi yang diikuti H. BIMBINGAN Bimbingan penyelesaian tugas akhir dilaksanakan dengan cara : 1. Bimbingan diadakan secara kelompok. 2. Masing-masing kelompok akan dibimbing oleh pembimbing Tugas Akhir. 3. Pelaksanaan Bimbingan akan ditentukan sesuai jadwal pendidikan. 4. Syarat mengikuti Tugas Akhir, paper harus disahkan dulu ( dengan menandatangani paper ) oleh pembimbing yang bersangkutan. I. PRESENTASI TUGAS AKHIR 1. Tugas Akhir harus dipresentasikan dihadapan Tim Penguji dengan ketentuan : a. Telah mengikuti semua mata ajaran & ujiannya ( tidak ada nilai E/F ) b. Paper telah mendapat pengesahan ( dengan menandatangani paper ) oleh pembimbing yang bersangkutan. c. Telah terdaftar sebagai peserta Presentasi Tugas Akhir. d. Waktu pelaksanaan presentasi tugas akhir ditentukan oleh Kepala Pendidikan. e. Nilai Presentasi Tugas Akhir, didasarkan pada komponen-komponen : - Penguasaan Materi. - Sistematika Penulisan - Teknik Presentasi ( Tools, Penampilan, Etika, dll ) - Konsep ide dasar yang ada Hasilnya dinyatakan dalam huruf & keterangan : A : Lulus B : Lulus dengan kemungkinan ada perbaikan C : Lulus D : Mengulang presentasi E : bagi siswa yang tidak mengikuti Presentasi Tugas Akhir F : ( Failed ) tidak lulus Mengulang presentasi ( bagi nilai D ) dapat dilakukan dengan bergabung pada jadwal presentasi di angkatan berikutnya. Atau jika dipandang perlu dijadwalkan tersendiri. 2. Presentasi Susulan - Karena alasan yang cukup kuat ( sakit, musibah, tugas luar kantor ) siswa dimungkinkan mengikuti Presentasi Tugas Akhir Susulan. - Untuk mengikuti presentasi Tugas Akhir Susulan, harus mengajukan permohonan tertulis yang ditujukan kepada Direktur / Kepala Cabang. - Presentasi Tugas Akhir susulan dimungkinkan untuk jangka waktu paling lambat : 2 minggu dari presentasi yang dijadwalkan semula. - Dimungkinkan mengikuti presentasi khusus sebelum jadwal ditentukan, dengan syarat telah memenuhi ketentuan pendidikan yang berlaku dan telah disetujui oleh Direktur / Kepala Cabang. J. MASA STUDI 1. Untuk menyelesaikan studi siswa diberikan waktu maksimal 2 ( dua ) tahun. 2. Jika tidak berhasil dinyatakan DO ( Drop Out ) dan tidak dapat diberikan pelayanan akademik lagi. K. DROP OUT Siswa dinyatakan mengundur diri ( DO ) apabila : 1. Tidak hadir tanpa pemberitahuan selama 3 bulan berturut-turut. 2. Melewati masa studi yang ditentukan ( 2 tahun ) 3. Melakukan tindakan yang melanggar hukum. L. SYARAT KEBERHASILAN STUDI 1. Mengikuti seluruh mata ajaran yang diberikan. 2. Menyelesaikan Tugas Akhir dan Presentasi. 3. Jumlah nilai D tidak lebih dari 3 ( tiga ) 4. Nilai Presentasi Akhir minimal : C 5. Indeks Prestasi minimal : 2.00 M. RUMUS Indeks Prestasi ( IP ) siswa ditentukan dengan rumus : ( { Bnma X 2 ) + ( Bnta X 6 ) ( { ma X 2 ) + 6 ( { Bnma X 2 ) : Jumlah Bobot Nilai Mata Pelajaran X 2 ( Bnta X 6 ) : Bobot Nilai Tugas Akhir X 6 ( { ma X 2 ) + 6 : ( Jumlah Mata Pelajaran X 2 ) + 6 N. KELULUSAN & DIPLOMA 1. Siswa yang memenuhi syarat keberhasilan studi dinyatakan lulus dan diberikan Diploma yang dikeluarkan Brilliant. 2. Yang tidak memenuhi syarat, diberikan Surat Keterangan. 3. Dalam Diploma disertakan : - Transkrip seluruh mata ajaran. - Judul Tugas Akhir. - Predikat kelulusan yang dinyatakan : Sangat memuaskan untuk IP >= 3,51
Memuaskan untuk IP 3,00 - 3,50
Baik untuk IP 2,51 - 2,99
Cukup untuk IP 2,00 - 2,50
4. Bagi siswa yang dinyatakan lulus berhak untuk mengikuti Wisuda

BIAYA – BIAYA

1. Ujian Utama Rp. 15.000,00
2. Ujian Perbaikan / Her Rp. 15.000,00
3. Mengulang mata ajaran Rp. 50.000,00
4. Cuti studi Rp. 150.000,00
5. Presentasi Tugas Akhir Rp. 100.000,00
6. Mengulang Presentasi Rp. 100.000,00
7. Biaya Sertifikat Rp. 125.000,00


KETENTUAN DAN TATA TERTIB

Demi kelancaran dan ketertiban pelaksanaan Program Pendidikan 1 tahun Diploma in Advertising Studies, dipandang perlu menyampaikan beberapa ketentuan & tata tertib, yaitu :

• Kehadiran

1. Hadir tepat pada waktunya
2. Setiap siswa memperoleh Kartu Daftar Hadir ( KDH ) yang harus ditanda tangani oleh dosen pada setiap kali pertemuan.
3. Siswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit, tidak diperkenankan mengikuti perkuliahan.

• Berpakaian

1. Berpakaian rapi, tidak diperkenankan memakai celana jeans yang sobek-sobek dan kaos yang tidak berlengan.
2. Tidak diperkenankan memakai sandal & sejenisnya

• Kebersihan

Dilarang makan, minum dan merokok di dalam kelas disaat belajar ataupun istirahat

• Ketenangan

1. Menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan Brilliant
2. Semua jenis pager & handphone, tidak boleh diaktifkan selama pelajaran berlangsung.

• Permasalahan

Jika ada hal-hal yang ingin disampaikan atau ada keluhan agar disampaikan ke secretariat ( Bagian Pendidikan ) melalui ketua kelas.


KURIKULUM
PROGRAM 1 TAHUN PERIKLANAN

TRIWULAN 1
NO MATERI SESI
1 PENGANTAR PERIKLANAN 8
2 KOMUNIKASI EFEKTIF 6
3 PERILAKU KONSUMEN 5
4 PRINSIP DASAR PEMASARAN 5
5 MEDIA PERIKLANAN 8
32
TRIWULAN 2
NO MATERI SESI
1 RISET PEMASARAN 5
2 PERENCANAAN MEDIA 6
3 STRATEGI KREATIF 5
4 COPY WRITING 5
5 KOMUNIKASI PEMASARAN 6
6 STRATEGI PERIKLANAN 5
32

TRIWULAN 3
NO MATERI SESI
1 KONSEP KREATIF 7
2 FOTOGRAFI IKLAN 5
3 AUDIO VISUAL PRODUCTION 6
4 COMPUGRAPHIC 16
34

TRIWULAN 4
NO MATERI SESI
1 MANAJEMEN PERIKLANAN 8
2 TEKNIK NEGOISASI & PRESENTASI 6
3 KOMPUTER ANIMASI 3 DIMENSI 5
4 BIMBINGAN TUGAS AKHIR 5
24

No comments: