Thursday, November 12, 2009

Strategi Periklanan

Arti Iklan

Arti Iklan dikatagorikan menjadi 3 yaitu :

1. Arti Umum
Iklan adalah alat penghubung untuk menyampaikan suatu informasi dari pemasang iklan kepada sasaran baik perseorang maupun kelompok tertentu.
Pengertian kata “ penghubung “ diatas, mengisyaratkan suatu alat untuk memberitahukan atas sesuatu kepada seseorang atau kelompok sehingga orang atau kelompok yang dituju menjadi sadar dan tahu sesuatu informasi tersebut.

2. Arti Konsumen atau Komersil
(Fast Moving Consumer Goods, Durable Goods, Consumer Services)
Khusus dibidang komersil, ungkapan makna iklan lebih spesifik lagi yaitu :
“ Bagaimana cara menjajakan suatu produk atau jasa yang ditawarkan, untuk mempengaruhi orang yang diproyeksikan sebagai calon pembeli atau calon pengguna hingga mencapai hasil tujuan pokok pemasaran yaitu terjadinya Penjualan.

Maka iklan dapat disimpulkan sebagai salah satu pirnati atau alat untuk menjual, berlatar belakang Strategi Marketing / Promotion Mix.

3. Iklan PR ( Public Relation)
Lebih mengutamakan Image dari lembaga atau perusahaan.

Dari ketiganya ini mengunakan bahasa yang sama yaitu audio, visual dan audio visual yang menjadi alat komunikasi.

Iklan berasal dari bahasa latin “ Advertere “ yang berarti “ Mentranfer Pikiran “.

Iklan sebagai komunikasi
A. Ditujukan bagi perorang ( Individu )--------> Pendekatan secara pribadi ( Strategi )
B. Komunikasi Massa-------->Teori JARGON ---------> Long Term
1. Source ( Pemasang Iklan / Advertiser )
 Individu
 Organisasi ( Independent / Non Lembaga Pemerintah )
 Lembaga Pemerintah
 Perusahaan ( BUMN-Swasta )
Disebut juga Investor
2. Agency ( Encoder )
Menterjemahkan kebutuhan clients melalui suatu system melalui code-code atau sinyal-sinyal yang tepat dan benar. Agency dibantu oleh vendor-vendor.
3. Kode & Sinyal = Pesan ( Message = Iklan / Advertisement )
Catatan : Dapat disebut iklan bila melalui proses untuk diproduksi lebih dulu agar dapat diterbitkan/ditayangkan melalui media (shooting, pemotretan, separasi warna dll.)
4. Noise
Fungsi Advertising Agency harus memenangkan “ kompetisi “
5. Receiver (Decoder)
Iklan yang bagus
6. Iklan yang berhasil bila ada respon/feedback dari Viewer ke/kembali ke advertiser dengan melakukan “ Action “ mencoba membeli sehingga terjadi transaksi keuangan (Penjualan)

Penggunaan Elemen-Elemen dalam rumus :

AIDCA :
Attention (perhatian)
Interest (minat)
Desire (keinginan)
Conviction (rasa percaya)
Action (tindakan)

Komunikasi efektif/proses buying
Jawaban bagaimana Advertising Agency merumuskan pesan sehingga dapat memenangkan pertarungan “ pesan “ ( Noise ?)

AIDCA
1. Attention ( Perhatian )
• Selintas : ukuran, warna, lay out
• Mendalam : Headlines, Subheadlines, Body Copy, Gambar (Illustrasi, Fotografi, lambang/symbol); Elemen Desain
2. Interest ( Minat )
• Mau/mampu mengikuti alur informasi dari awal hingga akhir
• Berminat terhadap produk/jasa yang ditawarkan
3. Desire ( Keinginan )
4. Mendapatkan nilai yang diharapkan dari produk/jasa yang ditawarkan karena Conviction ( Rasa Percaya )
5. Action ( Tindakan Membeli )


DAGMAR ( Defining Advertising Goals For Measured Advertising Result )

1. Unaware ( Ketidaksadaran )
2. Aware ( Kesadaran )
3. Comprehension & Image ( Pemahaman & Citra )
4. Attitude ( Sikap )
5. Action ( Tindakan )

Creative Strategy

Focuss On The Message It Self
“ What You Will Say And How You Will Say It “

Advertising Strategy

Is Broader Than Creative Strategy
( Also Called Message Strategy )

Copy Platform disebut juga Blue Print atau Work Plan suatu dokumen dalam bentuk tulisan yang dipakai oleh Advertising Agency “ sebagai alat presentasi awal “ kepada klien (Lembaran/Bagian dari Proposal)
• Merupakan bahan masukan, bahan diskusi, bahkan sebagai bahan perdebatan untuk mencapai satu kesepakatan dalam satu tujuan yang berfokus kepada strategi kreatif sehingga menghasilkan “ Desain Iklan “
• Sangat berpengaruh terhadap klien dalam menilai ……!( Gol Tidaknya suatu proyek )

No comments: